BUKU K3: MANAJEMEN DAN IMPLEMENTASI K3 DI TEMPAT KERJA
OLEH; TARWAKA, PGDip.Sc., M.Erg.
Tujuan pembangunan pada dasarnya adalah untuk memperhatikan dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Produksi, kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi hanya merupakan alat untuk mencapai tujuan. Manusia sebagai central di tempat kerja termasuk efisiensi dan profit tidak boleh berada dalam kondisi keselamatan dan kesehatan yang membahayakan, sehingga batasan pekerjaan dan kepuasan hidup tidak boleh terabaikan.
Perkembangan teknologi telah mengangkat standar hidup manusia, namun demikian, kemajuan teknologi juga membawa sumber-sumber stress kerja dan cedera baru. Kompleknya teknologi modern, perubahan bentuk kerja, organisasi kerja, dan sistem produksi menempatkan suatu tuntutan yang tinggi pada daya kerja. Sebagai akibatnya, tingkat dan bentuk potensi bahaya di tempat kerja yang harus dihadapi pekerja juga akan berubah. Untuk mengatasi, implementasi peningkatan kinerja K3 adalah suatu keharusan.
Keselamatan kerja merupakan unsur perlindungan terhadap tenaga kerja, pengusaha dan aset perusahaan, dalam hal ini pengendalian secara teknis dan teknologis terhadap potensi bahaya terjadinya kecelakaan kerja adalah hal yang utama dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja dan peningkatan kinerja K3 di perusahaan. Dan setiap kecelakaan adalah suatu kerugian dan kerusakan yang selalu mengancam jiwa dan harta benda baik terhadap tenaga kerja, keluarganya maupun pengusaha. Maka upaya pencegahan kecelakaan merupakan suatu hal yang tidak bisa ditawar.
Kesehatan kerja dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup tenaga kerja, sehingga tenaga kerja sebagai pelaku usaha dapat merasakan dan menikmati hasilnya. Upaya pelayanan kesehatan kerja dalam suatu bidang usaha memegang peranan sangat penting, karena menyangkut sumber daya manusia, produktivitas dan kesejahteraan. Keberhasilan dalam merealisasikan usaha kesehatan kerja akan berdampak positif dalam meningkatkan produktivitas perusahaan dan pendapatan serta kesejahteraan tenaga kerja. Usaha ini hanya dapat berhasil jika semua pihak dapat ikut terlibat dengan kesadaran yang penuh tanggung jawab.
ISBN 978–979–18144–0–9
HARAPAN PRESS
JL. Ir. Sutami No. 88 Jurug
Surakarta 57125 Indonesia
KATA PENGANTAR
Dalam era-globalisasi dengan pesatnya kemajuan di bidang teknologi telekomunikasi dan transportasi, dunia seakan tanpa batas dan jarak. Dengan demikian pembangunan sumber daya manusia menjadi sangat penting, terlebih lagi dengan diberlakukannya perdagangan bebas yang berarti semua produk-produk yang dihasilkan oleh industri kita harus memenuhi standar kualitas yang disepakati oleh dunia internasional. Oleh karena itu dunia industri kita harus cerdas dan cepat mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi perkembangan teknologi tersebut agar semua produk yang dihasilkan mempunyai daya saing di pasar bebas.
Kemajuan teknologi telah banyak menyumbangkan berbagai hal positif dalam pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial di dunia industri. Perkembangan teknologi telah mengangkat standar hidup manusia dan mengurangi sumber kecelakaan, cedera dan stres akibat kerja. Namun demikian, di sisi lain kemajuan teknologi juga mengakibatkan berbagai dampak yang merugikan yaitu berupa terjadinya peningkatan pencemaran lingkungan, kecelakaan kerja dan timbulnya berbagai macam penyakit akibat kerja. Kompleknya teknologi modern, perubahan bentuk kerja, organisasi kerja, dan sistem produksi juga menempatkan suatu tuntutan yang tinggi pada daya kerja. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut maka implementasi peningkatan kinerja K3 adalah suatu keharusan. Sehingga, setiap pengembangan dan penggunaan teknologi baru dapat diterima dan menguntungkan semua pihak.
Dalam buku K3 ini dibahas berbagai hal tentang manajemen dan implementasi K3 di tempat kerja yang bersumber dari berbagai literatur. Penulis berusaha membahas setiap kajian dari bagian K3 secara sederhana, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami dan mencoba mengimplementasikan dan mempraktekkannya di tempat kerja. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa buku kajian manajemen dan implementasi K3 ini masih banyak kekurangan di sana sini, untuk itu berbagai kritik dan saran yang konstruktif dari semua pihak sangat diharapkan.
Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung penerbitan buku ini sehingga buku ini sampai ke tangan pembaca semua. Satu harapan adalah semoga buku ini dapat menebar manfaat bagi semua pihak dan sungguh, buku ini sebagai bentuk sumbangsih profesi atas kekurang-pahaman penulis dalam memahami K3 secara utuh.
Surakarta, Mei 2008.
Tarwaka, PGDip.Sc. M.Erg